Sejarah Mesin Jahit

Mesin Jahit Pertama

Pada abad yang lampau orang belum menemukan mesin jahit. Wanita-wanita bersusah payah menjahit pakaian untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya serta keluarganya. Penjerat kapas yang dibuat oleh Eli Whitney telah memurahkan harga katun. Kemudan ada penemuan lain yaitu alat pemintal benang dan mesin tenun sederhana.

Pada tahun 1830 seorang Perancis bernama Barthelemy Thimonnier merencanakan sebuah mesin yang dapat menjahit pakaian jauh lebih cepat daripada kecakapan seorang panjahit yang terbaik sekalipun. Akhirnya dibuatnya lebih banyak mesin, tapi penjahit-penjahit Perancis yang ketakutan hilang mata pencahariannya menantang hasil penemuan itu. Mereka ramai-ramai membakar mesin yang diciptakan itu.

Pada tahun 1846 seorang Amerika bernama Elias Howe membuat sebuah mesin jahit yang lebih sempurna. Malangnya dia tidak menemukan orang yang senang dengan ciptaanya itu. Dia bawa mesin jahit tersebut ke Inggris. Baru belakangan ribuan mesin jahit digunakan di Amerika. Kini semua pakaian dijahit orang dengan menggunakan mesin jahit yang berkecepatan tinggi.

Sumber: Kitab Emas"Penemuan-penemuan Dulu sampai Sekarang"
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts