Tipe Data & File-file


  • Tipe data String

Tipe data string ini memungkinkan variabel menyimpan informasi untaian karakter, seperti kata atau kalimat. Dalam contoh sebelumnya, nama yang Anda gunakan pada web form, informasi tersebut akan disimpan dalam variabel bertipe data string.
Tipe data Integer (int)

Jenis tipe data integer digunakan jika ingin menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variabel, tetapi bukan bilangan pecahan. Hal ini berarti nilai "7" akan menjadi nilai integer yang valid.



  • Tipe data Floating Point Number (float)

Jika Anda bermaksud menyimpan informasi angka dengan format pecahan atau angka desimal, floating point adalah jenis tipe data yang sesuai. Angka "65,00" secara teknis merupakan nilai bertipe floating point meskipun nilai tersebut juga dapat direpresentasikan sebagai nilai "65". Jenis tipe data ini membutuhkan ukuran memory yang lebih besar dibandingkan jenis tipe data angka integer.


  • Tipe data Boolean (bool)

Jenis tipe data ini biasanya digunakan hanya untuk merepresentasikan dua kondisi, yakni nilai TRUE dan FALSE atau daatberarti bernilai 1 dan 0 atau kondisi ON dan OFF. Jenis tipe data ini merupakan jenis yang paling sederhana, teapi cukup sering digunakan dalam setiap pemrograman.


  • Tipe data Array

Jenis tipe data aray sering disebut juga sebagai tipe data larik. Tipe data ini pada dasarnya merupakan kumpulan sejumlah variabel bertipe data sama dengan ukuran tertentu, yang tersusun secara runtun. Ada beragam variasi dari tipe data array, bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan. Sebagai contoh, nilai "1", "2", "3", "4", dan "5" dapat Anda simpan ke dalam variabel bertipe data array dengan ukuran aray "5" (5 buah nilai, mulai dari 1 sampai dengan 5) yang memiliki kumpulan nilai bertipe integer atau secar sederhana dapat dikatakan array of integer values.

Setiap variabel yang terdapat dalam array dapat diakses dengan menggunakan komponen indeks dari tiap-tiap variabel trseut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa variabel pertama yang ada dalam array bukan memiliki indeks 1, melainkan indeks 0. Menyimpan nilai-nilai tersebut ke dalam variabel bertipe data array akan memudahkan kit untuk melakukan manipulasi terhadap setiap data yang ada dalam array tersebut. perlu diketahui bahwa jenis tipe data string sebenarnya merupakan kumpulan variabel bertipe karakter atau bisa dikatakan array of characters.


  • File Cascade Style Sheet (CSS)

Cascade Style Sheet yang biasa disingkat sebagai CSS merupakan file yang berisi format teks biasa yang digunakan untuk memdesain tampilan atau tata letak halaman web. File CSS ini berisi perintah untuk mengatur atau menentukan font, ukuran, warna, spasi, batas kanan-kiri, atas-bawah tampilan sebuah halaman web. Satu file CSS dapat digunakan untuk mengatur seluruh halaman sebuah website.

File CSS ini bisa dibuka dan diedit menggunakan aplikasi atau software teks editor seperti Notepad, Notepad++, Wordpad, GEdit, KWrite, dan sebagainya.


  • File Executable (EXE)

Untuk menjalankan sebuah program, komputer membutuhkan perintah. Perintah-perintah tersebut bisa berwujud rangkaian teks biasa, namun pada umumnya perintah-perintah tersebut berupa rangkaian dalam kode-kode binari yang tidak mungkin terbaca dengan mata kita. Rangkaian perintah itu dikompile atau disusun dalam sebuah file yang biasa disebut sebagai file EXE. Jenis lain dari file ini adalah file BAT dan COM.

Pada penggunaannya, user memerintahkan komputer untuk menjalankan sebuah program dengan menlakukan double klik pada sebuah file EXE, lantas sistem komputer mengeksekusi program yang diperintahkan sehingga monitor menampilkan hasilnya. Gambaran sederhananya saat kita ingin membuka sebuah halaman web. Maka kita melakukan double klik pada ikon Mozilla Firefox atau Internet Explorer yang ada di monitor. Saat kita melakukan klik tersebut, sistem komputer akan mengeksekusi atau menjalankan program sehingga monitor menampilkan jendela program yang kita minta.

File EXE bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, Delphi, Perl dan sebagainya.


  • File Graphic Interchaged Format (GIF)

GIF atau Graphic Interchange Format, merupakan ekstensi untuk file grafik raster yang sering berupa gambar animasi. File gambar GIF ini merupakan format file gambar yang paling sering digunakan World Wide Web setelah JPEG.

File GIF bisa dibuka, diedit dan dibuat menggunakan software atau aplikasi pengolah gambar (Graphic Editor) seperti, GIMP, InkScape, Photoshop, Firework, Corel dan sebagainya.


  • File Hypertext Markup (HTM) dan Hypertext Markup Language (HTML)

File yang berekstensi HTM dan HTML sebenarnya sama. Ekstensi file HTML kadang disingkat menjadi HTM untuk kompatibilitas dengan sistem operasi lama, misalnya DOS (Disk System Operating), Windows 3.x, dan OS/2 yang mendukung penamaan file dengan menggunakan hanya delapan karakter dan tiga karakter sebagai file ekstensinya.

HTM dan HTML adalah jenis file yang paling umum dugunakan untuk membuat halaman web statis. File ini bisa berisi link ke gambar, audio, video dan skrip.

File HTML disusun dari himpunan simbol atau kode markup yang dimasukkan ke dalam sebuah file untuk ditampilkan pada halaman web browser World Web Wide. HTML terdiri dari elemen element atau TAG yang diawali dengan simbol “<” dan diakhiri dengan simbol “>”. TAG tersebut bisa digunakan untuk mendefinisikan judul, paragraf, daftar, link, kutipan serta bentuk-bentuk interaktif lainnya. TAG ini juga bisa digunakan unntuk melekatkan Javascript dan CSS.

File dengan ekstensi HTM maupun HTML biasa dibuka dengan aplikasi atau software web browser seperti Opera, Google Chrome, Flock, Maxthon, Mozilla Firefox atau Internet Explorer.

Untuk membuat atau mengedit sebuah file HTM/HTML bisa memakai software atau aplikasi teks editor misalnya OpenOffice Writer, Microsoft Office Word, Notepad, Notepad++, Wordpad, GEdit, KWrite, dan sebagainya.



  • File Icon (ICO)

ICO adalah format file gambar untuk ikon pada Windows. Format file ICO juga mirip dengan format file ICNS yang digunakan untuk gambar ikon di komputer Mac. Di dalam folder senayan 3-stable14 atau lebih luasnya dalam dunia desain web, sebuah file ICO digunakan untuk membuat logo website kecil yang muncul di sebelah URL pada address bar.


  • File Joint Photographic Experts Group (JPEG atau JPG)

JPEG merupakan istilah untuk file gambar grafis yang diproduksi menggunakan standar JPEG yang sering disingkat sebagai JPG demi kompatibilitas dengan sistem operasi komputer versi lama. Sebuah file gambar JPEG dapat dibuat dengan kualitas dan ukuran file yang berbeda-beda sesuai kehendak dengan menyesuaikan rasio kompresi file tersebut. File gambar JPG atau JPEG ini adalah format file gambar yang paling sering digunakan pada halaman website World Wide Web

Untuk membuat dan mengedit file yang berformat JPG atau JPEG ini bisa menggunakan aplikasi atau software pengolah gambar.



  • File Javascript (JS)

Javascript merupakan bahasa pemrograman atau script yang dikembangkan oleh Netscape. Adanya Javascript ini memungkinkan pengembang web untuk membuat desain situs interaktif. Hal ini karena Javascript bisa berinteraksi dengan kode HTML yang memungkinkan pembuat website untuk membumbui situs mereka dengan konten dinamis. Javascript merupakan sebuah bahasa pemrograman open surce yang memungkinkan user untuk memperoleh, mengkopi, mendistribusikan dan mengambil keuntungan darinya secara bebas tanpa meninggalkan sumber aslinya.

Untuk membuka, membuat dan mengedit Javascript memerlukan software atau aplikasi pengolah teks (text editor) seperti Notepad, Notepad++, GEdit dan sebagainya.



  • File Machine Object (MO)

File MO merupakan sebuah ekstensi file dari GNU Gettext yang dibaca oleh mesin dalam format kode binari. File ini sering didapati dalam software atau aplikasi yang menggunakan GNU Gettext untuk mendukung terjemahan berbagai bahasa.



  • File Printer Font (PFT)

PFT dihasilkan oleh aplikasi perangkat lunak CheWriter yang merupakan program pengolah kata multi font-ilmiah. File ini berisi informasi font style yang digunakan saat mencetak dokumen. Selain itu juga menampung data angka, tanda baca dan simbol. Data yang disimpan dalam file PFT bisa berupa huruf, angka, simbol dan kombinasinya.

File PFT ini sering dijumpai dalam software aplikasi database perpustakaan CDS/ISIS yang digunakan untuk mencetak katalog perpustakaan.



  • File Hypertext Preprocessor (PHP)

PHP merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaksnya mirip dengan bahasa C, Java, asp dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web untuk menulis halaman web dinamis dengan cepat.

Karakteristik yang paling unggul dan paling kuat dalam PHP adalah lapisan integrasi database (database integration layer). Database yang didukung PHP adalah: Oracle, Adabas-D, Sybase, FilePro, mSQL, Velocis, MySQL, Informix, Solid, dBase, ODBC, Unix dbm, dan PostgreSQL.
PHP dapat berjalan di berbagai system operasi seperti Windows 98/NT, UNIX/LINUX, Solaris maupun Macintosh. Keunggulan lainnya dari PHP adalah PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan seperti protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 bahkan HTT File PHP bisa dibuat, dibuka dan diedit menggunakan software aplikasi teks editor pada umumnya. Misalnya Ultra Edit, TextPad, Crimson Editor, KWrite, GEdit, Notepad, Wordpad, Notepad++ dan sebagainya.



  • File Portable Network Graphics (PNG)

Portable Network Graphics (PNG) adalah format gambar bitmap dan codec video yang menggunakan kompresi lossless data. PNG diciptakan untuk memperbaiki dan menggantikan format gambar GIF (Graphics Interchange Format) sebagai format file gambar yang tidak memerlukan lisensi paten.
Gambar dengan format PNG bisa dibuka menggunakan software atau aplikasi pengolah gambar (Graphic Editor) seperti MyPaint, GIMP, InkScape, Photoshop, Firework, Corel dan sebagainya.



  • File Portable Object (PO)

File PO merupakan sebuah ekstensi file dari GNU Gettext yang dimaksudkan untuk dibaca dan disunting oleh manusia. Sebuah file PO ini didedikasikan untuk terjemahan bahasa tunggal. Jika sebuah paket mendukung banyak bahasa, maka setiap satu terjemahan bahasa harus memiliki satu PO file untuk bahasa yang dimaksud.

Untuk membuat, membuka dan mengedit file PO bisa menggunakan aplikasi software POEdit. Ini sering digunakan dalam penerjemahan untuk dukungan multi bahasa dalam Content Management System (CMS) seperti WordPress, Joomla dan sebagainya.



  • File Structured Query Language (SQL)

SQL merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengirimkan suatu perintah query (pengaksesan data berdasarkan tujuan atau sasaran tertentu) kepada sebuah database. SQL memungkinkan seorang pengguna untuk mengakses informasi tanpa mengetahui di mana lokasinya atau bagaimana informasi tersebut disusun. SQL lebih mudah untuk digunakan dibanding dengan bahasa pemrograman, namun lebih rumit dibanding dengan software aplikasi lembar kerja (spreadsheet) dan pengolah kata (text editor).



  • File Shockwave Flash (SWF)

SWF merupakan ekstensi file multimedia yang dikembangkan oleh Macromedia dan sekarang merger dengan Adobe InCorporation. File SWF bisa berisi video, animasi, gambar, audio dan vector yang dirancang untuk pengiriman data melalui web. File SWF dapat dilihat di halaman web browser dengan menggunakan Flash plugin.

File SWF bisa dibuat menggunakan software aplikasi seperti ScriptSWF, SWFRIP, DrawSWF, SWIFT, SwfDotNet library, GPL SWF Authoring Software, Open Source Ming, QFlash, Easy FlashMaker, Adobe Flash, Adobe After Effect dan sebagainya.

File SWF dapat dihasilkan dari dalam beberapa produk Adobe: Flash, Flash Builder (IDE) dan After Effects, serta melalui MXMLC, baris perintah kompiler aplikasi yang merupakan bagian dari Flex SDK tersedia secara bebas. Selain produk Adobe, SWFs dapat dibangun dengan open source Motion-Twin ActionScript 2 Compiler (MTASC), perpustakaan open source Ming, perangkat lunak bebas suite SWFTools, yang Max2 SWISH berpemilik. Ada juga program berbagai pihak ketiga yang dapat menghasilkan file dalam format ini, seperti Multimedia, Fusion 2 Captivate, BannerSnack atau SWISH Max.



  • File True Type Font (TTF)

File TTF merupakan ekstensi untuk sebuah file font (jenis huruf) yang dikembangkan oleh Apple. File TTF yang saat ini digunakan oleh Apple dan Microsoft adalah format font raster di mana file dalam format raster tersebut tidak akan kehilangan presisi dan kualitasnya apabila diubah dalam berbagai ukuran baik kecil maupun besar.

File TTF dapat dibuat menggunakan software aplikasi pengolah gambar, seperti FontForge, Raster font editor, NAFE, DoubleType, PfaEdit, Fonteditfs, TTFEdit, CorelDraw dan OpenOffice Draw.



  • File Text (TXT)

TXT adalah ekstensi file untuk file teks, yang digunakan oleh berbagai teks editor. Dalam teknologi informasi, teks merupakan rangkaian karakter yang bisa dibaca manusia. Tidak ada definisi standar dari sebuah file teks, meskipun ada beberapa format umum, termasuk ASCII (format cross-platform), dan ANSI (digunakan pada platform DOS dan Windows).

File dengan format TXT bisa buka, dibuat dan diedit dengan software aplikasi pengolah kata (teks editor, seperti OpenOffice Writer, Microsoft Office Word, JEdit, Sakura Editor, Emerald Editor, Scintilla, TEA text editor, AkelPad, Console, Smultron, FTE Text Editor, Cubepad, Ultra Edit, TextPad, Crimson Editor, KWrite, GEdit, Notepad, Wordpad, Notepad++ dan sebagainya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts