Penemuan Mesin untuk Mendinginkan



Untuk mejaga agar daging dan ikan jangan sampai membusuk  diperlukan es. Pada tahun 1755 oleh Dr.  William Cullen diciptakan mesin es pertam ayang sederhana, kemudian ciptaannya itu diperbaiki orang lain. Pada tahun 1845 munculah sebuah mesin pendingin yang dapat mendinginkan sebuah kamar kecil dalam waktu yang cukup lama. Ini terjadi di new Orleans, lousiana. Kemudian peneruan ini dicoba orang kepada sebuah kapal pengangkut daging yang berlayar dari Australia menuju inggris. 

Berbagai alat pendingin dibuat orang. Prinsip kerja mesin dingin ini didasarkan kepada pemikiran, bahawa gas akan menjadi panas apabila dimampatkan. Jika gas yang dimampatkan deberi kesempatan mencari saluran keluar ia akan menjadi dingin. Demikianlah pertama kali gas itu dimamptakan. 

Kemudian dilewatkan sebuah kumparan yang dingin. Dari sinilah panas gas itu dipancarkan dan berhubungan dengan udara luar. Kini gas itu menjadi dingin dan masuk kedalam mesin pendingin dan disanalah ia mengambang. Dengan cara ini dapat di apai seuatu keadaan  dingin yang dapat membuat air menjadi beku. Atas dasar inilah diperbuat lemari es. Kini truk-truk yang besar, kereta api dan kapal dapat membawa makanan keseluruh bagian dunia ini dengan menggunakan mesin pendingin.

Sumber: Kitab Emas"Penemuan-penemuan Dulu sampai Sekarang"
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts