Biografi Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq (632-634 M)

Abu Bakar, lahir pada tahun 573 M dan wafat pada tahun13 H. Bernama  Abdullah bin Abi Quhafah. Nama aslinya adalah Abdul Ka’bah. Tetapi, setelah masuk Islam namanya diganti Rasulullah Saw. sehingga menjadi Abu Bakar. 

Gelar Ash-Shiddiq diberikan padanya karena orang yang pertama mengakui peristiwa Isra’ Mi’raj. Lalu, ia pun diberi gelar Ash-Shiddiq (orang yang percaya). Abu Bakar termasuk di antara orang yang paling awal memeluk Islam.  Setelah  Rasulullah  Saw.,  wafat, Abu  Bakar  menjadi  khalifah  yang pertama pada tahun 632 M.

Abu Bakar dilahirkan di Mekkah dari keturunan Bani Tamim (At Tamimi), suku bangsa Quraisy. Abu Bakar ayah dari Aisyah istri Rasulullah Saw., nama lengkapnya adalah ‘Abdullah bin ‘Uthman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai bin Ghalib bin Fihr al-Quraishi at-Tamimi’. Bertemu nasabnya dengan Rasulullah Saw., pada kakeknya Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai. Dan ibu dari abu Bakar adalah Ummu Al-Khair salma binti Shakhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim yang berarti ayah dan ibunya sama-sama dari kabilah Bani Tamim.



Sebagaimana disebutkan dalam Al-Bidayah, Aisyah ra. berkata: Sejak zaman jahiliyah, Abu Bakar adalah kawan Rasulullah Saw. Pada suatu hari, dia hendak menemui Rasulullah Saw., ketika bertemu dia berkata: Wahai Abul Qosim (panggilan Rasulullah Saw., ada apa denganmu sehingga engkau tidak terlihat di majelis kaummu dan orangorang menuduh bahwa engkau telah berkata buruk tentang nenek moyangmu dan lain lain lagi?. Rasulullah Saw. , bersabda: “Sesungguhnya aku adalah utusan Allah Swt., dan aku mengajak kamu kepada Allah Swt. 

Setelah selesai Rasulullah Saw. berbicara, Abu Bakar pun langsung masuk Islam. Melihat keislamannya itu beliau gembira sekali, tidak ada seorangpun yang ada di antara kedua gunung di Mekkah yang merasa gembira melebihi kegembiraan beliau. Kemudian Abu Bakar menemui Usman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, dan Saad bin Abi Waqas, mengajak mereka untuk masuk Islam. Lalu, merekapun masuk Islam. Hari berikutnya Abu bakar menemui Usman bin Mazhum, Abu Ubaidah bin Jarrah, Abdurrahman bin Auf, Abu Salamah bin Abdul Saad, dan Arqam bin Abil Arqam, mereka kemudian dapat menerima Islam. 

Istrinya Qutaylah binti Abdul  Uzza tidak menerima Islam sebagai agama sehingga Abu Bakar menceraikannya. Istrinya yang lain, Umi Ruman, menjadi Muslimah. Juga semua anaknya kecuali ‘Abd Rahman bin Abi Bakar menerima Islam. Abu Bakar adalah orang yang ditunjuk Rasulullah Saw., untuk menemaninya hijrah ke Yastrib (622 M).   Namun saat di tengah perjalanan mereka dikejar oleh utusan para kabilah Quraisy, sehingga mereka mencari tempat  untuk  sembunyi.  Mereka  menemukan  sebuah  gua  dan Abu  Bakar menyarankan untuk sembunyi disana. Setelah Rasulullah Saw.  menyetujuinya ia melarangnya masuk ke dalam. Ia memasukinya terlebih dahulu dan mencari kalau ada lubang tempat tinggal hewan liar. Saat ia temukan ia menutupnya dengan selembar kain kecuali satu lubang karena kainnya telah habis. 

Setelah itu mereka beristirahat di sana, hingga Rasulullah Saw. terlelap. Ia melihat ada ular keluar dari lubang (yang tidak ditutupinya) lalu ia menutupinya dengan kakinya, sehingga ular itu menggigit kakinya ia menangis namun ia tidak mengatakannya kepada Rasulullah Saw., karena takut membangunkannya

Tetapi ia tidak menyadari bahwa air matanya menetes di pipi Nabi Muhammad  Saw.,  sehingga  beliau  terbangun.  Beliau  melihat Abu  Bakar sedang menagis lalu berkata, “Katakanlah wahai Abu Bakar mengapa kamu menangis?” Mendengar hal itu ia terkejut karena tidak tahu bahwa Rasulullah Saw. , telah terjaga dari tidurnya. Maka ia pun menjawab,”Sesungguhnya aku melihat lubang sarang hewan melata di sana dan ia (hewan itu) hendak keluar maka aku tutupi lubang itu dengan kakiku supaya tidak mengganggumu wahai Rasul Allah.” Mendengar hal itu Rasulullah Saw., menangis lalu berkata,” Berikan kakimu”, kemudian beliau meludahinya dan seketika luka Abu Bakar sembuh. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan menuju Yastrib.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts