Teleskop Pertama


Teleskop adalah sebuah teropong untuk melihat bintang-bintang di cakrawala. Teleskop pertama dibuat orang di Belgia pada kira-kira tahun 1600. Seorang yang pandai membuat kaca mata, bernama Hans Lippershey pada suatu ketika memegang sepasang lensa yang ditumpuk satu sama lain. Dengan tidak sengaja dia melihat melalui dua lensa yang bertumpukan itu. Dia tercengang memperhatikan, bahwa melihat dengan cara demikian membuat jarak yang jauh menjadi dekat. Kemudian dia mencoba menempatkan lensa-lensa itu dalam sebuah tabung dan inilah pembuatan teleskop pertama yang sangat sederhana.

Hans Lippershey

Di Venice, pada tahun 1609 seorang pemikir kenamaan bernama Galileo mendengar teleskop buatan Lippershey itu. Galileo mempunyai pengetahuan yang lebih banyak tentang perubahan arah cahaya melalui sebuah lensa. Dengan mempergunakan ilmu perubahan cahaya itu dia dapat membesarkan sebuah benda sampai tiga puluh kali. Galileo adalah seorang pertama yang dapat melihat empat satelit dari Yupiter, kawah-kawah bulan dan lingkarang Saturnus dan juga benda-benda aneh lainnya di cakrawala. 

Galileo

Teleskop yang dapat membesarkan sampai ratusan kali di buat pada abad ke 17 dan ke 18 oleh Issac Newton dan William Herschel. Malahan teleskop yang paling modern dari masa kini dibuat menurut rencana umum yang pernah dirancangkan oleh kedua orang ini.

Prinsip dasar yang mengatur semua teleskop adalah pekerjaan refracting dan reflecting. Cahaya yang datang dari suatu jarak tertentu akan jatuh pada lensa atau kaca teleskop. Lensa ini adalah jauh lebih besar daripada lensa mata manusia, karenanya dapat menerima cahaya lebih banyak. Sesudah itu jalan cahaya diubah sehingga menjadi sebuah titik kecil yang dinamai focus. Benda yang terletak jauh dapat terlihat dengan tajam. Seorang pengamat raksasa. Sebuah teleskop dapat membuat sebuah benda yang tadinya kabur menjadi lebih jelas dengan cara mengumpulkan lebih banyak cahaya dan dapat dilihat lebih jelas dengan cara membesarkannya.

Sumber : Kitab Emas (Penemuan-penemuan dari Dulu Sampai Sekarang)


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Lakatupe
admin
March 8, 2016 at 5:52 AM ×

makasih bro infonya ane baru tahu klo teropong itu ditemukan oleh Hans Lippershey

Reply
avatar
sf31q
admin
March 8, 2016 at 6:28 AM ×

Nambah pengetahuan aja nih, Baru baca juga soal nya tentang Sejarah Teleskop
Makasi info nya ^^

Reply
avatar
Thanks for your comment

Random Posts