Sejarah Mesin Jerat Kapas


Seratus Lima Puluh tahun yang lalu pakaian merupakan barang yang sangat mahal. Katun atau kapas mudah menanamnya tapi yang sulit adalah bagaimana memisahkan biji dan daun dari benih kapas. Pada tahun 1792 Eli Whitney seorang penemu yang masih muda secara kebetulan mengunjungi sebuah daerah pertanian temannya. Temannya itu berkata, bahwa alangkah sulitnya untuk membersihkan kapas dengan tangan. Dia mendorong Eli unutk ikut memikirkan pembuatan sebuah alat yang dapat mengolah pembersihan ini secara otomatis.

Setahun sesudah itu setelah bekerja keras selama 10 hari, akhirnya Whitney menyelesaikan mesinnya yang pertama yang dapat membersihkan kapas. Mesin ini dinamai mesin pembersih kapas. Mesin ini terdiri atas sebuah penggiling yang panjang yang diberi kawat-kawat yang keras. Dekat penggiling itu ada sebuah besi yang diberi celah-celah. Apabila penggiling itu diputar, maka kawat itu memasukkan katun kedalam celah besi itu, sambil meninggalkan biji dan daunnya.

Setelah ditemukan cara yang cepat membersihkan katun, para petani semain giat menanam katun. DiAmerika Serikat penanaman katun meningkat sampai 7 milyar pon katun setahun.

Sumber : Kitab Emas (Sejarah-sejarah Penemuan dari Dulu sampai Sekarang)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts