Sejarah Kapal Uap


Kapal uap pertama dibuat di Amerika pada kira-kira tahun 1786. Salah satu daripadanya dibuat oleh John Fitch. Kapal itu menggunakan dayang yang digerakkan oleh mesin uap. Kapal uap pertama yang sukses pembikinannya adalah Charlotte Dundas, yaitu sebuah kapal yang digerakkan dengan roda, dibuat di Skotlan dipergunakan untuk kapal tarik di sungai-sungai.

Pada tahun 1807 Robert Fulton, seorang insinyur Amerika, membuat sebuah kapal Clermont namanya, digunakan untuk mengangkut penumpang yang mondar-mandir disepanjang sungai Hudson. perjalanan pertama dari Hudson ke Albani di New York diperlukan waktu 32 jam padahal jaraknya hanya150 mil. lama kelamaan orang berani berlayar dengan kapal uap melintasi samudera Atlantik.

Pertama kali digunakan roda dan layar. Kapal uap yang melintasi samudera Atlantik dibuat di negeri kincir angin Belanda. Pada tahun 1827 kapal uap belanda itu berlayar dari Rotterdam, Holand ke Hindia Barat. waktu perjalanan habis satu bulan. Seorang pembuat kapal dari Inggris merubah roda itu dengan bentuk propeller. Propeller ini kemudian ternyata lebih praktik dari roda. kini sistem propeller itu digunakan pada semua kapal-kapal samudera.

Sumber : Kitab Emas "Sejarah Penemuan-penemuan dari Dulu sampai Sekarang"
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
May 6, 2016 at 5:52 PM ×

Mantap sejarahnya..

Congrats bro Mahendra tutorial. you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment

Random Posts