Sejarah Lokomotif atau Kereta Api


Di Inggris ditemukan lokomotif pertama yang digerakkan dengan uap. Pertama kali digunakan untuk mengangkut batu bara dari tambang. Lok itu berjalan diatas sebuah rel yang sebelumnya digunakan untuk kendaraan yang ditarik dengan kuda. Sayangnya lok-lok yang besari itu merusakkan rel-rel yang ringan itu. Kemudian diciptakan lok baru yang diperbaharuikonstruksinya. 

Pada tahun 1829, seorang bangsa Inggris bernama George Stephenson membuat sebuah lok mesin uap yang dia beri nama Rocket. Padahal kecepatannya baru 29 mil per jam. Pada waktu itu orang-orang melihat lok yang bernama Rocket itu pertama kali, banyak sekali yang menantang. Katanya kecepatannya terlalu cepat. Mereka meramalkan, asap yang keluar dari lok itu akan meracuni udara, dapat membunuh burung dan sapi tidak dapat mengeluarkan susu. 

Lok yang agak praktis dibuat di Amerika, diberi nama Tom Thumb. Lok ini bekerja dari Baltimore ke Ohio pada tahun 1830. Kemudian diciptakan lok yang bernama De Witt Clinton yang mempunyai kecepatan diluar dugaan yaitu 40 mil per jam. lok-lok yang modern sanggup mencapai kecepatan lebih dari 100 mil per jam.

Hubungan kereta api yang panjang dari Timur menuju ke Barat di Amerika diselesaikan pada tahun 1869 dan pada rel yang terakhir dipancangkan paku dari emas. Kini kereta api didapat di mana-mana di seluruh dunia ini. 

Sumber : Kitab Emas (Sejarah Penemuan-penemuan dari Dulu sampai Sekarang)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts