Contoh Laporan Aplikasi Sistem Pemesanan Kamar Hotel

APLIKASI SISTEM PEMESANAN KAMAR HOTEL

“Disusun untuk Memenuhi Tugas  Mata Kuliah Sistem Basis Data”




Logo


Disusun Oleh :
Nama dan No Induk




Asal Sekolah/Kampus/Perguruan Tinggi
Tahun





KATA PENGANTAR

   Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat dan anugrah-Nya kepada kita yang mungkin tidak menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, saya juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.
   Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini yang merupakan tugas mata kuliah Sistem Basis Data. 
    Kami menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.
    Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin.

Kota, Tanggal Bulan Tahun
Penulis






DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Deskripsi Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Database
        2.2 MySQL
2.3 Data Dictionary
2.4 Hotel
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Perancangan Sistem
3.2 Fasilitas yang ada pada system
3.3 Perancangan Basis Data
3.4 Mapping ERD
3.5 Normalisasi
3.6 Data Dictionary
BAB IV KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran




BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Deskripsi Masalah
Pendataan administrasi di perhotelan memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisir agar dapat terkemas dan terjaga keamanannya dengan baik, seiring pesatnya teknologi dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan didalamnya, dalam pengolahan dara-data yang dulu diolah secera konfensional diubah kedalam pola komputerisasi yang mempermudah proses pengentrian dan pencarian data-data yang telah tersimpan dalam database.
Database tersebut dibuat dengan tujuan agar proses kerja lebih optimal dan  dapat dilakukan secara cepat dan tepat dengan tingkat kesalahan yang sedikit. Dalam mengelola data-data tersebut, pihak hotel tentu harus memiliki system pengolahan dan pengelolaan data yang baik dan teratur, yang nantinya berguna bagi kelancaran penyimpanan suatu data serta dapat memberikan keamanan terhadap data tersebut. Hal tersebut diatas dapat memberikan kemudahan bagi pemilik hotel untuk memberikan dan menyediakan pelayanan yang maksimal bagi para penginap/pengunjung
TIC Crew Hotel sebagai salah satu hotel modern di kawasan Garut, merupakan hotel yang sedang berkembang dan terus berupaya untuk meningkatkan layanan serta standar kualitas hotel dari berbagai sisi antara lain sisi pemanfaatan teknologi informasi
Selama ini, system sewa kamar atau check in yang ada di TIC Crew Hotel masih kurang efektif, dilakukan dengan cara melakukan pencatatan pada buku, terlambatnya untuk mencari kamar yang kosong dan belum dipesan, pembuatan laporan yang sering terlambat, dan perhitungan biaya check out yang lama, sehingga system tersebut perlu dibenahi. Beberapa system yang dinilai perlu dibenahi adalah system pemesanan sewa kamar, sistem check in dann check out serta pembuatan laporan. Sistem tersebut perlu dibenahi dengan sistem baru yang terkomputerisasi.

1.2 Rumusan Masalah
Pada TIC Crew Hotel sistem sewa kamar atau check in yang ada masih kurang efektif, dilakukan dengan cara melakukan pencatatan pada buku, terlambatnya untuk mencari kamar yang kosong dan belum dipesan, pembuatan laporan yang sering terlambat, dan perhitungan biaya check out yang lama. 

1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka akan dibuat sebuah aplikasi pemesanan kamar hotel terkomputerisasi agar lebih efektif dan efisien dan meminimalisir kesalahan dalam pendataan pemesanan.

1.4 Manfaat
1) Memberikan kemudahan pada staf bagian administrasi dalam melakukan proses data pelanggan yang check in, check out, dan pembuatan laporan
2) Memberikan kemudahan dalam penyimpanan data pelanggan dan transaksi




BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Database
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis didalam komputer, dan dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut.

2.2 MySQL
MySQL adalah DBMS yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi dari General Public License (GPL), dimana setiap orang bebas untuk menggunakannya tetapi tidak boleh untuk dijadikan program induk turunan bersifat close source (komersial).
MySQL sebenarnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam basis data sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basis data terutama untuk proses seleksi, pemasukan, pengubahan dan penghapusan data yang dimungkinkan dapat dikerjakan dengan mudah dan otomatis. (Sutaji, 2012:40)

2.3 Data Dictionary
Data Dictionary (Kamus Data) adalah suatu daftar data elemen yang terorganisir dengan definisi yang tetap dan sesuai dengan sistem, sehingga user dan analis sistem mempunyai pengertian yang sama tentang input, output dan komponen data store.
Pembentukan kamus data didasarkan pada alur data yang terdapat pada DFD, Alur data pada DFD bersifat global (hanya menunjukkan nama alur datanya tanpa menunjukkan struktur dari alur data). Untuk menunjukkan struktur dari alur data secara rinci maka dibentuklah kamus data.

2.4 Hotel
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan dengan menyediakan jasa penginapan, makanan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial




BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Perancangan Sistem
3.1.1 Identifikasi User dari Sistem Informasi
User yang terdapat pada Aplikasi Sistem Pemesanan Kamar Hotel 1 user, bisa mengkases keseluruhan database dengan hak akses penuh.

3.1.2 Tool yang digunakan
Untuk Bahasa Pemrograman yang digunakan menggunakan Dekstop Base Programming, yaitu dengan Java Netbeans.
Dalam Program Netbeans tersebut, terdapat beberapa plugin untuk mendukung keselarasan dalam Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar tersebut. Penggunaan plugin tersebut diantaranya :
1). AbsoluteLayout            
2). commons-digester-1.7
3). groovy-all-1.5.5             
4). mysql-connector-java-5.1.23-bin   
5). commons-beanutils-1.7
6). commons-logging-1.0.2
7). jasperreports-4.0.2   
8). xmlbeans-2.3.0   
9). commons-collections-2.1  
10). commons-logging-1.1 
11). mysql-connector-java-5.1.22-bin 
12). jDateChooser

Untuk Database dari Program itu sendiri, menggunakan MySQL dengan bantuan XAMPP tentunya.

3.2 Fasilitas yang ada pada system
Fasilitas yang terdapat pada Aplikasi Pemesanan Kamar Hotel, diantaranya:

3.2.1 Form Menu Utama


Pada form Menu Utama terdapat 3 menu booking,gallery,dan pricing.

3.2.2 Form Login


Pada menu Log In ini diharuskan mengisi username dan password untuk dapat masuk sebagai admin.
3.2.3 Form Menu Admin


Pada menu admin terdapat menu reservation, setting room, dan setting AddOn

3.2.4 Form Reservasi

 
Pada form reservasi terdapat sub menu lihat, tambah data, dan laporan

3.2.5 Form Setting Room
 

Pada form setting room from ini berfungsi untuk membuat aturan harga kamar

3.2.6 Form AddOn
 

Pada form Addon from ini berfungsi untuk membuat aturan harga AddOn
3.2.7 Lihat data
 

Pada from ini kita bisa melihat data penyewa kamar

3.2.8 Tambah data 
 

Untuk menambahkan data penyewa kamar

3.2.9 laporan 
 

Laporan berisi laporan penyewa kamar

3.3 Perancangan Basis Data
Untuk server kami menggunakan MySQL dengan bantuan XAMPP pada Database PhpMyAdmin, Untuk Bahasa Pemrograman, berhubung disini menggunakan Java Netbeans sebagai Aplikasi Permrogramannya, jadi untuk Bahasa Pemrograman yang digunakan menggunakan Bahasa Pemrograman JAVA.
Untuk Penentuan Entitas, Atribut, Penentuan Key, Penentuan Relasi, dan Kardinalitas Pada Program Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar tersebut diantaranya :

3.3.1 Penentuan Entitas, Attribut dan Key
1. Chek In : Id_chek_in, No_Registrasi, Tanggal_chek_in, No_tamu, Jenis_kelamin, Alamat_tamu, NO_Telepon, Kode_kamar, Kelas, Fasilitas, Tarif
2. Chek out: Id_Check_out, No_Registrasi, Tanggal_chek_out, Tanggal_chek_in, Lama_inap, Total_biaya, No_tamu, Nama_tamu, Kode_kamar, Kelas, Fasilitas, Tarif
3. Kamar: Id_kamar, Kode_kamar, Nama_kamar, Kelas, Fasilitas, Tarif
4. Karyawan: Id_karyawan, NIKNama_karyawan, Status, Password, Alamat, No_tlp
5. Tamu: Id_tamu, No_tamu, Jenis_kelamin, Alamat_tamu, No_telepon

3.3.2 Penentuan Relasi dan Kardinalitas
1. Tamu melakukan Pemesanan kamar : Many to One (M:1)
2. Tamu dilayani Karyawan : Many to One (M:1)
3. Tamu melakukan Chek In : One to One (1:1)
4. Tamu melakukan Chek Out : One to One (1:1)




3.4 Mapping ERD
ERD yang akan digunakan dalam Aplikasi Sistem Penyewaan Kamar Hotel adalah sebagai berikut :


 Mapping dari ERD ke Tabel memiliki beberapa tahapan algoritma , berikut adalah tahapan untuk Mapping dari ERD ke Tabel :

Step 1: Mapping of Regular Entity Types
Step 2: Mapping of Weak Entity Types
Step 3: Mapping of Binary 1:1 Relation Types
Step 4: Mapping of Binary 1:N Relationship Types.
Step 5: Mapping of Binary M:N Relationship Types.
Step 6: Mapping of Multivalued attributes.
Step 7: Mapping of N-ary Relationship Types.

 
3.5 Normalisasi



3.6 Data Dictionary
Kamus Form Admin
Nama : user 
Struktur data : user_id, user_name, user_pw, user_rule, user_full

Kamus Form inbox
Nama : inbox 
Struktru data : msg_id, Msg_date, msg_from, msg_body, msg_email

Kamus level
Nama : Level
Struktru data: id_level, status, level, 

Kamus harga kamar
Nama : harga_kamar
Struktur data : id, jns_kamar, Harga, status

Kamus addon
Nama : addon
Struktur data: id, addon, harga, status

Kamus payment
nama ; paymen
struktur data: id_resv, jml_byr, status

kamus detail user
nama : detail user
struktru data : id, id_user, nm_depan, nm_belakang, jenkel, alamat, nope, tgl_lahir, tmp_lahir

kamur reservation
nama: reservation
struktur data: rsrv_id, rsrv_timestamp, rsrv_first name, rsrv_lastname, rsrv_jk, rsrv_email, rsrv_contac, rsrv_room, rsrv_bed, rsrv_pillow, rsrv_towel, rsrv_kit, rsrv_start, rsrv_end, rsrv_guest, rsrv_notes, status





BAB IV
KESIMPULAN

4.1 Kesimpulan
Sistem penyewaan kamar hotel menggunakan database untuk menyimpan data-data pemesanan kamar secara komputerisasi sehingga kemungkinan terjadinya terulangnya data yang sama dalam sebuah data base sangat kecil 
Dan juga dapat memudahkan pegawai dalam hal memesukan data penginap dari manual ke komputerisasi sehingga pekerjaan yang sebelumnya lebih efisien dan terdata dengan baik, memudahkan pegawai dalam mengatur kemejemenan pehotelan 

4.2 Saran
Rancang bangun aplikasi penyewaan kamar hotel TIC Crew belum maksimal sehingga kedepannya dapat dikembangan lagi dengan berbasis web. Dan aplikasi ini menghubungakan dari pihak hotel ke ruang public.
 









Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Eko Sutrisno
admin
February 27, 2016 at 7:27 AM ×

Aplikasinya keren gan konsepnya

Reply
avatar
Anonymous
admin
February 29, 2016 at 5:06 AM ×

Boleh juga nih gan, bermanfaat euy makasih :D

Reply
avatar
Anizve
admin
March 7, 2016 at 8:33 PM ×

bagus buat referensi

Reply
avatar
sopisopiah
admin
September 20, 2018 at 6:39 PM ×

mantap gan.. coba kunjungi juga hotelmu.id

Reply
avatar
Thanks for your comment

Random Posts