Sejarah Penemuan Motor Listrik

Motor listrik dibuat orang di Inggris, tidak lama setelah Faraday menemukan generator. Joseph Henry adalah orang pertama yang menggunakan motor listrik dalam praktek. Pada tahun 1835, Henry yang berkebangsaan Amerika itu membuat sebuah jalan kereta api kecil dibelakang rumahnya. Kereta apinya di gerakan dengan sebuah motor listrik. Motor listrik ini diberi strum terus menerus oleh sebuah baterai. 


Pada thaun 1873 seorang pekerja di Wina pertama kali menemukan bahwa motor listrik itu mengirimkan arusnya sendiri. Ia heran mengapa sebuah motor listrik dapat memutar sebuah pintalan. Kini dirumah-rumah ditemukan orang motor-motor listrik. Seperti pada kipas angin, mesin jahit, dan lain-lain. Motor listrik pada hari ini sanggup melakukan pekerjaan yang pada zaman dulu dikerjakan oleh ribuan kuda.

Kekuatan yang dipunya kuda pada masa dulu dianggap sesuatu yang mengagumkan. Sampai kini tenaga kuda tetap menjadi sebutan dalam dunia listrik. Dengan motor-motor inilah digerakkan kereta api dan kapal-kapal besar yang mengarungi samudera.

Sumber: Kitab Emas "Penemuan-penemuan Dulu sampai Sekarang"
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts