Sejarah Penemuan Telegram

Seorang pembunuh berusaha melarikan diri dengan sebuah kereta api ke London. Tapi segera pula dikirimkan kawat mengenai ciri-ciri orangnya kepada polisi di London. Pada waktu dia turun dari kereta api, di sudah dinanti oleh Polisi yang siap untuk menangkapnya. Mesin telegram pertama kali masih menggunakan huruf abjad biasa. 



Kemudian cara pengiriman kawat disempurnakan oleh Samuel F.B Morse di Amerika. Ia memperagakan pemakain sistemnya pada tahun 1844, ketika kawati telegram dipasang diantara New York dan Washington. Pesan-pesan dikirim dengan menekan sebuah tombol yang menghasilkan sebuah kode, terdiri atas titik-titik dan garis. Kode ini kemudian terkenal dengan nama Kode Morse. Dibawah ini kita turunkan sekedar contoh kode morse.

Pada mulanya hanya dapat dikirim satu pesan. Kemudian oleh Stearns pada tahun 1872 dikirimkan dua pesan sekali kirim. Thomas Edison menemukan cara mengiriman empat pesan sekaligus. Peralatan telegram modern dapat mengirimkan ribuan kata setiap menit dalam dua arah melalui sebuah kawat.

Sumber: Kitab Emas "Penemuan-penemuan Dulu sampai Sekarang"
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts