Sejarah Penemuan Radio

Pertama kali suara yang dikirimkan lewat alat tanpa kawat atau radio adalah suara yang tidak jelas, sering terputus-putus. Karenanya suara atau music tidak dapat dikirimkan lewat radio. Pada tahun 1903 Reginald Fessenden, berkebangsaan Amerika, sanggup mengirimkan suaranya lewat radio kepada seorang penerima yang satu mil jauhnya. Suaranya itu sulit untuk ditangkap, karena gelombang magnet listrik yang membawanya bergerak terlalu cepat. 



Pada tahun 1904 seorang yang berkebangsaan Inggris bernama sir John Flemming menemukan tabung vacum (kosong). Tabung ini sanggup untuk mengawasi kecepatan gelombang radio. Dengan ini maka suara menjadi lebih jelas. Kemudian pada tahun 1906 Lee De Forest menemukan tabung radio yang dinamai triode. Dengan alat ini dimungkinkan untuk mengeraskan suara. 

Pada tahun 1915 dimulailah mengirimkan suara lewat radio dari Washington ke Honolulu dan Paris. Stasiun radio pertama yang mengirimkan musik untuk para pendengar yang terletak di Pennsylvania, Pittsburgh. Piringan hitam dibunyikan dan suaranya dikirimkan lewat radio. Ini terjadi pada tahun 1920. Kini dimana-mana didunia kita dengar berbagai suara dari radio. Malahan anak-anak muda sudah pandai membuat radio sendiri. Mereka mendirikan radio amatir.

Sumber: Kitab Emas"Penemuan-penemuan Dulu sampai Sekarang"
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts