Sitem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan lembaga yang mempunyai peran dalam produksi pendapatan dan konsumsi disuatu masyarakat.

Menurut Paul R Gregory dan Robert C Stuart
Sistem ekonomi merupakan satu kesatuan mekanisme dan lembaga pengambil keputusan yang mengimplementasikan keputusan terhadap produksi, pendapatan dan konsumsi di dalam suatu daerah.

Sistem ekonomi terbentuk karena adanya interaksi antar elemen masyarakat. sistem ekonomi terbentuk karena adanya interaksi antar elemen masyarakat.

Faktor yang mempengaruhi sistem ekonomi

1. Latar belakang sejarah dan ideologi
Sistem ekonomi terbentuk dari pengalaman masa lalu suatu negara dalam mengelola negaranya. Negara yang diberikan kemerdekaannya cenderung mengikuti negara
2. Luas dan letak Geografi.
Kebijakan ekonomi dapat diukur dari berapa besar jangkauan kebijakan tersebut yang mampu dirasakan oleh masyarakat diseluruh daerah.
3. Tingkat pembangunan
Semakin mapan dan maju dalam bidang ekonomi suatu negara, tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat karena masyarakat telah menemukan pola pemenuhan kebutuhan yang dilakukan dalam kesehariannya.
4. Keterbukaan
    Agar tidak tertinggal dengan negara lain negara lain dalam perkembangan perekonomian.
5. Sistem politik
Sistem politik yang baik adalah memberikan perhatian agar pemimpin memperjuangkan hak rakyat. sistem ekonomi dan jalankan dalam bentuk kebijakan harus diikuti seluruh masyarakat untuk kepentingan semua.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts