Masalah Ekonomi Islam dalam Masyarakat

  • Dominasi literatur ekonomi konvensional

Dominasi ekonomi konvensional mempengaruhi anggapan masyarakat bahwa tidak ada ilmu yang mampu menjawab masalah-masalah aktual kecuali ekonomi konvensional telah membangun struktur kehidupan masyarakat yang berorientasi pada aspek materialistis.

  • Praktek ekonomi konvensional lebih dahulu dikenal

Praktek ekonomi konvensional lebih dahulu dikenal oleh masyarakat-masyarakat bersentuhan langsung dengan ekonomi konvensiolan diberbagai bidang. Seperti produksi, distribusidan konsumi, sehingga pemahaman baru sulit dipaksakan dan diterima oleh masyarakat yang lebih dahulu bersentuhan dengan konsep ekonomi konvensional.

  • Tiada repsentasi ideal negara yang menggunakan sistem ekonomi islam

Dibeberapa negara yang menggunakan islam sebagai pedoman dasar keanekaragaman ternyata tidak menunjukan kemakmuran terkadang miskin bahkan negara-negara ilsam yang ada diTimur Tengah menunjukan tingkat kesejahteraan yang lebih rendah dibanding dengan negara maju. Keadaan itu menjadikan masyarakat kurang menerima sistem ekonomi islam sebagai sistem yang mampu mensejahterakan dibanding sistem ekomoni konvensional.

Ketentuan ekonomi islam tidak sama diterapkan dimasing-masing negara, tergantung konteks permasalahan disetiap negara.

  • Kurangnya pengetahuan sejarah pemikiran ekonomi islam

Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan pengetahuan Eropa tidak lepas dari peranan pengetahuan islam. Masa transformasi pengetahuan yang terjadi oleh masyarakat sehingga mereka kurang bangga dengan ekonomi islam.

  • Pendidikan masyarakat yang tak terialistis

Pengangguran di masyarakat bukan murni cerminan prilaku malas, tetapi pengangguran disini lebih banyak disebabkan oleh dampak permasalahan masyarakat mengenai makna tentang jenis dan penghasilan yang belum tepat

Keadaan ini menjadikan sebagian masyarakat bersikap progmatis mengenai sistem pendidikan yang ada. institusi pendidikan yang menjanjikan penghasilan dan kedudukan tertinggi setelah lulus nanti, seperti instusi pendidikan ekonomi islam yang baru berkembang dan dikenal saat ini menghadapi tanggapan masyarakat yang belum begitu baik, karena dianggap belum memberikan jaminan bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan dan kedudukan yang mereka harapkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts