Perkembangan Ekonomi Islam


Misi mulia Rasulullah SAW dimuka bumi ini adalah membangun masyarakat yang beradab. Langkah pertama yang dilakukan untuk mengkontruksi secara mendasar pemahaman manusia terhadap keberadaan di dunia.


Rasulullah SAW menganjurkan agar manusia saling menghormati dan menyayangi dalam penyelenggaraan hidupnya sesuai dengan Al-qur'an dan Al-Hadist. Rasulullah SAW melarang manusia melakukan tindakan yang melanggar didunia, jabatan kekayaan atau lainnya. Sebab apapun yang dilakukan manusia akan sia-sia karena pada hakikatnya manusia yang mulia dilihat dari ketakwaannya kepada Allah SWT.

Firman Alloh SWT dalam surat Al-hujurat ayat 13 yang artinya
"Hai manusia sungguh kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal sungguh yang paling mulia diantara kamu disisi Allah SWT ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh Allah SWT yang maha mengetahui, maha teliti"

Ajaran Rasulullah SAW menjadikan manusia sebagai pribadi bebas dalam mengoptimalkan potensi dirinya. karena kebebasan adalah unsur mendasar yang digunakan manusia untuk mencapai keseimbangan hidup dengan selalu menyisipkan nilai-nilai manusiawi, seperti yang selalu digunakan Rasulullah SAW pada saat menyebarkan ajarannya sehingga berlaku hingga akhir zaman.

Nilai manusia tersebut adalah desertai dengan nilai Tauhid, sehingga masyarakat dapat mengembangkan pengetahuan sehingga mampu menerima semua permasalahan dalam hidupnya.

Setelah wafatnya Rasulullah SAW pemimpin pemerintahan dipegang oleh Khulafaurasyidin, perkembangan baru muncul dimasa tersebut, dilihat berdasarkan munculnya kebijakan dan yang berbeda satu sama lain dalam menyikapi suatu permasalahan.

Terutama pada masalah yang berhubungan dengan pemerintahan kebutuhan hidup masyarakat sehingga problem teknis untuk mengatasi masalah perniagaan (Muamalah) muncul pada saat ini. Sejumlah aturan (Ijtihad) yang menunjukan pada Al-qur'an dan Hadits hadir untuk menyelesaikan masalah yang ada. Meski demikian pada akhirnya kebijakan politik cenderung lebih dominan mempengaruhi pada kehidupan masyarakat.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Thanks for your comment

Random Posts