Contoh Laporan Statistika dan Probilitas : Penyajian Data Pengunjung Sosial Media Facebook, Twitter, BBM, Instagram, Line dan Kakao Talk

Penyajian Data Pengunjung Sosial Media Facebook, Twitter, BBM, Instagram, Line dan Kakao Talk




Logo


Disusun Oleh :
Nama dan No Induk




Asal Sekolah/Kampus/Perguruan Tinggi
Tahun



Abstrak – Mata kuliah statistika bagi mahasiswa sangat diperlukan terutama ketika seorang mahasiswa harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data untuk pembuatan skripsi, thesis atau disertasi. Dalam hal ini pengetahuan statistik dipakai dalam menyusun metodologi penelitian. Sebagai suatu ilmu, kedudukan statistika merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika terapan. Oleh karena itu untuk memahami statistika pada tingkat yang tinggi, terebih dahulu diperlukan pemahaman ilmu matematika. Dalam laporan ini penulis mencoba menyajikan data mengenai social media apakah yang sering dikunjungi. Survey kami dapatkan dengan mengumpulkan data dari 100 orang mahasiswa dikampus.





I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan berkembangnya teknologi banyak para pencipta aplikasi sebagai sarana komunikasi dan mengekspresikan diri. Salah satunya sosial media, sosial media adalah sarana mengekspresikan diri, tidak heran banyak orang menggunakan berbagai macam sosial media yang beragam. Pada survey kali ini kami akan menyajikan data sosial media apakah yang serin dikunjungi. Pada survey ini kami memberikan pilihan sosial media Facebook, Twitter, BBM, Instagram, Line dan Kakao Talk. Data kami dapatkan dengan cara mengumpulkan data dari 100 orang mahasiswa di kampus. Penyajian data menggunakan 3 metode yaitu  tabel, diagram batang dan program aplikasi untuk menampilkan data secara otomatis yang kelompok kami buat. Program aplikasi memudahkan pengguna untuk mengetahui secara langsung diagram dari data yang didapat. Data yang telah di dapat tersebut di inputkan secara manual kemudian program secara otomatis akan menampilkan data yang di inputkan manual tadi.

B. Rumusan Masalah 
Di dalam laporan ini penulis akan membahas mengenai :
1. Diantara sosial media yang kami ajukan sosial media apa yang paling banyak dikunjungi.
2. Kegunaan program aplikasi yang kami buat untuk menyajikan data secara otomatis.

C. Tujuan
1. Melaksanakan tugas yang telah diberikan dari guru pembimbing.
2. Membuat data dan di sajikan kedalam tabel dan program diagram batang
3. Menjadikan makalah ini bermanfaat bagi pembacana, khususnya bagi kami.





II. LANDASAN TEORI
A.    Definisi Probabilitas dan Statistika
1. Statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistikadalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas.
Statistika dibedakan berdasarkan jenisnya menjadi dua yaitu :
1. Statistika deskriptif adalah statistika yang berkaitan dengan metode atau cara medeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan atau menguraikan data. Statistika deskripsi mengacu pada bagaimana menata, menyajikan dan menganalisis data, yang dapat dilakukan misalnya dengan menentukan nilai rata-rata hitung, median, modus, standar deviasi atau menggunakan cara lain yaitu dengan membuat tabel distribusi frekuensi dan diagram atau grafik.
2. Statistika inferensia adalah statistika yang berkaitan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakteristik dari suatu populasi. Dengan demikian dalam statistika inferensia data yang diperoleh dilakukan generalisasi dari hal yang bersifat kecil (khusus) menjadi hal yang bersifat luas (umum).

2. Probabilitas
Probabilitas adalah harga angka yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa terjadi, di antara keseluruhan peristiwa yang mungkin terjadi. Contoh : sebuah dadu untuk keluar mata ‘lima’ saat pelemparan dadu tersebut satu kali adalah 1/6 (karena banyaknyapermukaan dadu adalah 6).
Rumus : P (E) = X/N
P: Probabilitas
E: Event (Kejadian)
X: Jumlah kejadian yang diinginkan (peristiwa)
N: Keseluruhan kejadian yang mungkin terjadi




III. HASIL DAN PEMBAHASAN
Untuk melihat hasil survey maka penulis membuat 2 buah metode yaitu menggunakan tabel dan menggunakan diagram batang. . Penggunaan tabel di rasa kurang simple namun lengkap. Sedangkan penggunaan diagram batang sangat simple mudah di mengerti namun kurang lengkap.
Di bawah ini hasil survey sosical media yang sering di gunakan oleh 100 mahasiswa di kampus.


Hasil survey bisa di lihat dimana social media Facebook sering dikujungi oleh 100 mahasiswa yang kami survey. Social media Facebook memiliki pengunjung sebanyak 30 orang, Twitter  sebanyak 17 orang, BBM sebanyak 25 orang, intagram sebanyak 5 orang, Line 13 orang dan kakao talk 10 orang.




IV. KESIMPULAN
Facebook masih menjadi social media terfavorit diantara 100 orang mahasiswa yang kami survey. Facebook adalah social media umum yang paling diminati hampir sebanyak 30% mahasiswa di kampus. Selain mudah digunakan facebook juga menyediakan hampir semua kebutuhan informasi seperti berbagi foto, berbagi materi kuliah dan pengerjaan tugas kuliah. Tetapi bukan berarti hanya facebook saja yang menyediakan fasilitas social media yang serupa kini menjadi lebih banyak lagi social media yang bermunculan. 




DAFTAR PUSTAKA
Statistika%20dan%20probabilitas/Materi%20Telekomunikasi%20%20Probabilitas%20dan%20Statistika.html
Powerpoint, pak Eri Satria M.si









Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Thanks for your comment

Random Posts