Algoritma Dan Pemrograman Dengan Menggunakan C++


  • ALGORITMA

    “ Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis serta dapat ditentukan bernilai salah atau benar”.
Suatu Algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dimengerti oleh pemroses. Suatu pemroses harus :

  1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma.
  2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

    Dalam membuat sebuah program , ada beberapa hal penting, yaitu:

  1. Tujuan pembuatan program.
  2. Algoritma.
  3. Bahasa pemrograman itu sendiri.

          Ciri-ciri dari algoritma seperti yang dipaparkan oleh Donald E. Knuth:

  1. Algoritma mempunyai awal dan akhir.
  2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda.
  3. Memiliki masukan (input) / kondisi awal.
  4. Memiliki keluaran (output) / kondisi akhir.
  5. Algoritma harus efektif, bila digunakan benar-benar menyelesaikan persoalan.

  • MEKANISME PELAKSANAAN ALGORITMA OLEH PEMROSES
        Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan di komputer.
       Langkah-langkah penyelesaian dalam algoritma dapat ditulis dalam notasi apapun, asalkan mudah dibaca dan dimengerti, karena memang tidak ada notasi baku dalam penulisan algoritma. Tiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritma sendiri.

  • ATURAN PENULISAN ALGORITMA
      Setiap Algoritma akan selalu terdiri dari tiga bagian yaitu :
  1. Judul (header) adalah bagian teks algoritma yang digunakan sebagai tempat mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, fungsi. Setelah judul disarankan untuk menuliskan spesifikasi singkat dari teks  algoritma tersebut.
  2. Kamus adalah bagian teks algoritma sebagai tempat untuk mendefinisikan : nama tipe, nama konstanta, nama variabel, nama fungsi, nama prosedur. Semua nama tersebut baru dapat dipakai didalam algoritma jika telah didefinisikan terlebih dahulu didalam kamus. Pendefinisian konstanta sekaligus memberikan harga konstanta tersebut, pendefinisian nama fungsi dilakukan sekaligus dengan domain / range serta spesifikasinya.
  3. Algoritma merupakan bagian inti dari suatu algoritma yg berisi instruksi atau pemanggilan aksi yang telah didefinisikan. Setiap langkah algoritma dibaca dari “atas” ke “bawah”.  Urutan deskripsi penulisan menentukan urutan langkah pelaksanaan perintah.
  • STUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah, berupa urutan aksi (sequence), pemilihan aksi (selection), pengulangan aksi (literation) atau kombinasi dari ketiganya. Jadi struktur data algoritma ada tiga, yaitu :
  1. Struktur runtunan : digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau urutan.
  2. Struktur pemilihan : digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi.
  3. Struktur pengulangan : digunakan untuk program yang pernyataanya dieksekusi berulang-ulang. 
  •   FLOWCHART
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur progrm tersebut. Flowchart digunakan dalam pengembangan program aplikasi, merupakan cara tradisional untuk mengajukan tahapan atau langkah-langkah peenyelesaian dalam bentuk diagram atau grafis.





Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts