Pemrograman C Dan C++ Menggunakan Aplikasi Console


  • TENTANG C DAN C++

Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972 di laboratoria Bell yang ada di Murray Hill, New Jersey, USA. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman Low Level, sehingga diguakan utuk menetapkan setiap detil dalam logika algoritma untuk mencapai efisiensi komputer yang maksimum. Tetapi bahasa C juga bahasa pemrograman High Level yang dapat menyembunyikan detil arsitektur komputer sehingga meningkatkan efisiensi pemrograman. 
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (american national standard institute). Pertama kali, prototype C ++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas class. C ++ merupakan versi yang lebih canggih dari C. 
C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (OOP).




  • STRUKTUR PENULISAN PEMROGRAMA C++

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 bagian utama, yaitu :

  1. Bagian komentar yang ditandai dengan simbol // dan pasangan /*...*/ program yang dibri komentar akan membantu orang lai atauprogrammer untuk memahami program yang dibuat. Tanda // diaggap untuk menyisipkan komentar.
  2. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan simbol #
  3. Bagian deklarasi Main () merupakan cotoh fungsi, sedangkan pesan adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan. Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsiperlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan.
  4. Bagian definisi Semua program C++ pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Statement C++ ada 2,yaitu statement yang tidak dapat dieksekusi/on executable da statement yang dapat dieksekusi/executable. Dan setiap executable statement harus diakhiri dengan tanda (;)
  • Input & Output
Di ANSI C, operasi input-output dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada di header file stdio.h. contohnya untuk input-output ke monitor digunakan perintah seperti printf, scanf, putch, dsb. Untuk input-output ke file digunakan perintah seperti fread, fwrite, fputc, dsb.

Dasar pemahaman suatu pemrograman adalah analisasuatu algoritma.
Berikut elemen dasar pemrograman,yaitu :
  1. Variabel
  2. Konstanta
  3. Operator
  4. Statement input dan Output

TIPE DATA
Semua program berhubugan dengan suatu jenis informasi yang dapat ditampilkan dengan menggunakan jenis data dasar bahasa pemrograman C,  yaitu :
Teks (char), nilai integer (it,short int,long int), nilai floating point (float, double, long double), enumerated (eum), void dan pointer. Termasuk modifier unsigned yang dapat diterapkan pada char, int, short int, dan  long int.

OPERATOR
Bahasa pemrograman mempunyai banyak operator, antara lain :
Operator bitwise (AND, OR, NOT), operator shift (shift kiri (<<) dan shift kanan (>>)), operator inkremen (++) dan dekremen (--), operator aritmatika ( penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), dan modulus (%), operator assignment merupakan nilai yang diberikan.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Random Posts